Copyright © adehidstory
Design by Dzignine
Monday, November 18, 2013

S1 Research Story #2: Mencari Judul

Proses mencari judul ternyata bukan hal mudah...
Sejak dosen pembimbing memberikan tema tentang gasifikasi biomassa, aku bersemangat sekali untuk mencari sumber dan judul yang tepat buat penelitian ini...

Sampai akhirnya terkumpullah beberapa textbook, belasan jurnal dan artikel ilmiah di laptopku, sebagian bahkan sudah aku print untuk dibaca dan dipahami, karena memang aku belum tahu apa-apa tentang gasifikasi biomassa ini...

Hari-hariku berlalu dengan 'berbahaya'. Menunda segala tugas dan kerjaan demi memahami tentang tema penelitian ini dan mencari judul yang tepat. Oh..., ini sangat menyenangkan dan menggemaskan sejujurnya. Tapi di lain pihak, aku dihantui kekhawatiran akan tugas-tugas yang terus aku tunda untuk dikerjakan.

Perlahan (tapi semoga tidak keterusan) aku mulai sedikit frustasi..., judul yang pas belum ada yang melintas di otakku. Kalaupun ada, itupun ku temukan di beberpa jurnal yang -tentu saja- sudah diteliti. Bukan penelitian dong namanya kalau meneliti lagi apa yang sudah diteliti orang...? Begitu pikirku (Awalnya).

Lama-lama, karena belum juga ketemu judul yang pas, aku mulai mengesampingkan aturan tersebut. Aku pun beralih pada pencarian hal-hal yang menurutku menarik untuk.

dan akhirnya aku menemukan judul (pertama) penelitian S1 ini. Tentang diterima atau nggaknya aku ga tau. Toh, aku belum tanya-tanya banyak pada beliau.

Judulnya:

Proses Eliminasi Katalitik Tar pada Gas Hasil Gasifikasi Sekam Padi.

Wish  me luck.
Bismillah.

0 comments: